Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia

Sebelumnya, gue ucapkan Selamat Natal bagi saudara-saudara seiman, Selamat Tahun Baru untuk semuanya, dan turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa pesawat Air Asia 8501. Stay strong!

Bicara soal pariwisata Indonesia, biasanya yang langsung terlintas di benak orang-orang adalah objek-objek wisata alam, seperti pantai dan gunung. Padahal, pariwisata nggak melulu seperti itu. Sebuah kota juga menjadi bagian dalam bisnis pariwisata.

Dari ratusan kota yang ada di Indonesia, menurut gue baru ada satu kota yang menangani industri pariwisatanya dengan baik. “Baik” di sini bukan berarti terus sempurna, tapi setidaknya udah paling “mending” dibandingkan kota-kota lainnya.

Yogyakarta.

Selain memang memiliki objek-objek wisata budaya, sejarah, kuliner, seni, dan sosial di dalam kotanya, Yogyakarta juga sudah memiliki moda transportasi yang cukup baik melalui keberadaan jaringan Bus Rapid Transit (BRT) TransJogja dan beberapa bus kota lama yang masih beroperasi. TransJogja juga menjangkau Bandara Internasional Adi Sutjipto. Selain TransJogja, bandara juga terhubung dengan lintasan kereta api. Kereta api komuter Prambanan Ekspres akan mengantarkan pelancong dari bandara menuju Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu, dan sebaliknya. Keretanya cukup nyaman, dengan tempat duduk yang saling berhadapan, bekas Tokyo Metro seperti halnya Jakarta Commuter Line.

Kuda-kudaan di pinggir Jl. Malioboro

Kuda-kudaan di pinggir Jl. Malioboro

Jalanan kota Yogyakarta yang tidak terlalu padat itu (kecuali pada jam-jam dan hari-hari tertentu) diapit oleh trotoar yang nyaman dan rapi. Gue selalu menikmati berjalan kaki menyusuri jalanan kota ini. Tempat-tempat wisatanya sudah dipromosikan dengan baik, terbukti dengan antusiasme turis atau pejalan dari dalam dan luar negeri. Sudah ada seabrek website yang memberikan informasi lengkap tentang pariwisata Yogyakarta, seperti YogYes dan GudegNet. Desain web-nya cukup professional, artikelnya lengkap dan kekinian banget, navigasinya mudah, serta tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Sekarang coba kita tengok Jakarta, sang ibukota.

Sadar nggak sih, Jakarta adalah satu-satunya ibukota di Asia Tenggara (bahkan seluruh Asia) yang tidak menjadi destinasi wisata di negaranya. Popularitasnya sebagai tujuan turisme tenggelam ditelan ketenaran Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Phnom Penh, Hanoi, Manila, bahkan Vientiane dan Yangoon (eks ibukota Myanmar, sekarang sudah pindah ke Naypyidaw). Padahal Jakarta memiliki paket wisata lengkap: dari wisata sejarah, kuliner, bahkan alam juga ada. Jakarta memang sudah memiliki BRT TransJakarta dan Commuter Line, namun kedua moda transportasi tersebut belum menjadi pilihan masyarakat luas sehingga kemacetan pun terjadi di mana pun, kapan pun. Armada TransJakarta perlu ditambah, frekwensi kedatangan dan jangkauan Commuter Line perlu ditingkatkan.

Objek-objek wisata di Jakarta belum terjaga dan terpromosikan dengan baik. Tahu Kasturi Walk di Kuala Lumpur atau Bugis Street di Singapura? Nah, Pasar Baru (Passer Baroe) Jakarta sangat berpotensi untuk menjadi tujuan wisata seperti itu. Bahkan, Pasar Baru menempati bangunan tua bersejarah, pengunjung dapat sekalian berwisata historis dan arsitektur. Lokasinya ada di kawasan Little India-nya Jakarta. Sayang, wisatawan mancanegara tidak mengetahui hal itu karena kurangnya promosi. Kebersihannya pun kurang diperhatikan. Sampah bertebaran di sepanjang jalan. Beberapa bagian juga perlu ditata lagi sehingga akan lebih terkonsep.

Pintu masuk Pasar Baru Jakarta yang otentik

Pintu masuk Pasar Baru Jakarta yang otentik

Sama halnya dengan kawasan Kota Tua. Kawasan ini sebenarnya adalah asset terbaik pariwisata kota Jakarta, menurut gue. Di antara negara-negara Asia Tenggara (bahkan seluruh Asia) yang lain, Indonesia adalah satu-satunya negara yang dijajah oleh Belanda. Maka, Indonesia — khususnya Jakarta — memiliki bangunan-bangunan tua dengan gaya arsitektur yang berbeda dibandingkan Singapura dan Malaysia yang dijajah Inggris, Filipina yang dijajah Spanyol, atau Kamboja – Laos – Vietnam yang dijajah Perancis.

Sayang, Kota Tua masih berserak sampah. Para pedagang asongan dan pengunjung harus lebih ditertibkan. Oh! Juga sopir-sopir angkot (dan kawan-kawannya) yang mangkal di depan Museum Bank Mandiri. Bayangkan.. Rasakan.. Kota Tua yang bersih, tenang, rapi, dengan sungai yang mengalir jernih, trotoar lebar di sepanjang aliran sungai, sementara sang surya tenggelam di ufuk barat. Romantis!

PHTO0058.JPG

Pada suatu hari di tahun 2013, gue sempat mengikuti sebuah workshop travel-blogging dan fotografi yang digagas oleh sebuah majalah travel digital di Bandung. Bu Ratna, perwakilan dari Bagian Pencitraan Kemenparekraf, hadir di situ. Tujuannya… yah, memberi sambutan ini itu dan ikut menjadi narasumber.

Saat sesi tanya jawab, ada salah seorang peserta workshop yang mengajukan pertanyaan tentang promosi pariwisata Indonesia. Bu Ratna kemudian mengeluhkan tentang betapa Kemenparekraf ingin melakukan banyak tindakan, namun membutuhkan bantuan kementerian yang lain. Misalnya, dengan Kementerian Perhubungan untuk membuatkan akses jalan menuju sebuah tempat wisata, atau dengan perusahaan-perusahaan penerbangan dan perhotelan untuk menyediakan akses murah bahkan gratis ke sana.

DSC_0307

Gue berpikir, “Kok pemikirannya sempit banget?”

Maksud gue, kalau memang itu kendalanya, kenapa tidak memulai dari tempat-tempat yang sudah memiliki akses yang baik? Yang terjangkau dengan berbagai moda transportasi publik? Ibukota sendiri, misalnya? Atau kota-kota potensial lainnya yang jumlahnya bisa belasan bahkan puluhan!

(Saat kembali bertemu dengan beliau dalam sebuah acara travel gathering oleh Skyscanners Indonesia, Bu Ratna kembali mengemukakan sambutan dengan kata-kata serupa, mengeluhkan permasalahan serupa, dan mengungkapkan harapan serupa)

Yang perlu dilakukan hanyalah membersihkan, merawat, lalu promosikan! Coba contoh negeri-negeri tetangga. Potensi alam apa yang dimiliki oleh Singapura? Pantai pasir putih mana di Thailand atau Vietnam yang mengalahkan keelokan pantai-pantai pasir putih di Indonesia? Pariwisata mereka berhasil karena mereka sukses mempromosikan kotanya. Potensi wisata alam di daerahnya serta merta ikut terangkat setelah potensi wisata kotanya dipromosikan lebih dulu.

Sementara bangunan-bangunan tua di Singapura dan Malaysia berderet anggun dan menjadi destinasi wisata utamanya, bangunan-bangunan tua di Indonesia berdiri dengan sekarat di sudut-sudut kota. Teronggok kesepian di tengah pemukiman kumuh yang mengepungnya. Dindingnya sudah terkelupas dan kusam di sana-sini, tak kuasa menahan terpaan cuaca lembab, air hujan, dan terik matahari selama berabad-abad.

A beautiful junction at Chinatown Area, Singapore

A beautiful junction

Jadi, untuk Kementerian Pariwisata saat ini, untuk Bapak Arief dan tim, gue berharap potensi wisata kota-kota di Indonesia lebih dipromosikan. Ya, di sini Kementerian membutuhkan kerjasama dari Pemerintah Kota dan… warganya sendiri, untuk ikut merawat dan mempromosikan. Dari mulut ke mulut, media sosial, hingga blog dan website pribadi.

Mungkin bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata negara-negara tetangga, yaitu dengan mengundang para travel-blogger asing berwisata secara cuma-cuma lalu meminta mereka menuliskan ulasan dan cerita perjalanannya di blog.

Banyak banget kota-kota di Indonesia yang sangat layak untuk dipromosikan. Selain Jakarta, masih ada Semarang, Semarang, Lasem, Cirebon, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Bukittinggi, Sawahlunto, Palembang, Banjarmasin, Palu, Manado, Makassar, dan seterusnya yang nggak bisa gue sebutkan satu per satu. Selain dengan meningkatkan fasilitas transportasi umum yang cepat, aman, dan nyaman, setiap objek juga perlu lebih ditata, dibersihkan, dirawat, sehingga lebih terkonsep. Misalnya adalah kawasan Pecinan Bandung. Agar lebih menarik, kawasan ini perlu dibersihkan dan dihias lagi, mungkin dengan dibangun semacam gapura bergaya oriental dengan tulisan “Welcome to Bandung Chinatown” di Jalan Kelenteng, ditambah dengan petunjuk arah untuk membantu wisatawan menjelajah.

Our New Hope [pic: the marketeers]

Our New Hope [pic: the marketeers]

Oh ya, jika memang pihak Kementerian ingin agar ada sebanyak mungkin orang  Indonesia yang menikmati wisata negerinya sendiri (seperti yang selalu bu Ratna ungkapkan di setiap kesempatan), lakukanlah demikian. Berikan kesempatan tersebut melalui, misalnya, pengadaan lomba-lomba berhadiah paket jalan-jalan gratis dengan penjurian yang objektif dan netral, tanpa dilandasi kepentingan golongan tertentu. Jika memang layak menang sesuai dengan kriteria lomba, ya menangkanlah ia. Tanpa melihat siapa dia, berapa followers twitter-nya, atau statistik blog-nya.

Akhir kata, gue ingin menekankan bahwa tulisan ini bersifat subyektif. Jika ada teman-teman yang kurang setuju, monggooo. Saya cuma ingin mengungkapkan uneg-uneg jujur dari dalam diri tentang kilas balik dan harapan untuk Kementerian Pariwisata dari sudut pandang seorang pejalan abal-abal. Majulah pariwisata kota Indonesia!!!

Tulisan ini diikutsertakan dalam kegiatan PosBar oleh komunitas Travel Bloggers Indonesia (TBI) dengan tema #SuratMenteri. Baca tulisan lainnya di:

Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah Pada Malaysia

Danan Wahyu Sumirat – Repackage Visit Indonesia Year

Farchan Noor Rachman – Surat Terbuka Untuk Menteri Pariwisata

Felicia Lasmana – Target 1 Juta Wisman Per Bulan Menurut Seorang Biolog, Pejalan, dan Blogger

Firsta Yunida – Thoughts and Testimonials: Tourism in Indonesia

Indri Juwono – Peduli Budaya Lokal Untuk Pariwisata Indonesia

Lenny Lim – Surat Untuk Menteri Pariwisata

Parahita Satiti – Surat Untuk Pak Arief Yahya

Rijal Fahmi – Pariwisata Indonesia dengan Segala Problematikanya

Titiw Akmar – Secercah Asa Untuk Pariwisata Indonesia

Vika Octavia – Pariwisata Indonesia: Telur Dulu Atau Ayam Dulu?

Wira Nurmansyah – Sepucuk Surat Untuk Menteri Pariwisata

Yofangga Rayson – Pak Menteri, Padamu Kutitipkan Wisata Negeri

61 komentar

  1. Yah, Jakarta sebenarnya memang bisa dijadikan tujuan wisata. Tapi butuh waktu lama untuk menjelajahi kota, disambung macet dll. Sebenarnya bisa dengan transportasi umum, tapi informasi rute dan jadwal yang jelas pun tidak bisa terakses dengan mudah.

    Banyak kota lain yang punya potensi wisata kota dengan menarik..

    1. Makanya, kak. Transportasi di Jakarta perlu dibenahi.

      Yup. Kota-kota kecil seperti Lasem atau Sawahlunto pun sangat menarik untuk diangkat ke internasional.

  2. Jakarta bisa jadi destinasi wisata, dengan catatan kotanya udah teratur, Minimal dengan publik transport yang memadai, dan bisa diandalkan sudah cukup. Mungkin itu alasan kenapa negara tetangga seperti malaysia ibukotanya bisa jadi destinasi wisata. Semua disajikan dengan apik ditambah dengan tranportasi publik yang memadai dan bisa diandalkan. walaupun masih ada kekurangan sana sini, tapi usaha mereka bagus 🙂

    1. Yes, itu yang perlu dibenahi dari Jakarta. Minimal, kawasan wisatanya sudah teratur dan mudah dijangkau dengan transportasi umum yang nyaman.

  3. tentang Jakarta, sependapat dengan kk Indro dan kk Kucing,

    btw, pernah baca di mana gitu *lupa* kalo DIY memang salah satu dari 4 propinsi yang benar2 mengelola dengan serius dana bantuan kemenpar tahun lalu lho, propinsi lainnya Jawa Timr, Jawa Barat dan Jawa Tengah

    1. Oh. Makasih informasinya, kak Olive.

      Nggak heran sih. Karena memang kelihatan bgt. Selalu aja ada yg baru di Jogja. Bangga jadi orang Jogja 😀

      1. nah iya tuh. dan masyarakat Jogja sendiri juga sudah siap menjadi tuan rumah dan didatangi tamu yang banyak. buat yang sering bepergian, pasti membandingkan dengan Jogja.
        etapi Jogja juga suka macet ding..

      2. Iya nih, kak. Jogja kayak jadi semacam barometer pariwisata kota di Indonesia haha.

        Macetnya cuma pas long weekend dan jam pulang / berangkat kerja kok 😀

      3. Nggak yahu Nug, kan aku di pinggiran selalu malas ke tengah kota. Hahaha..

      4. Aku cuma maen di pinggiran kota, Nug. Males ke tengah, gak ada yg mau nganter nih. Deuh, jadi kangen di Jogja, sekaten mau selesai…

      5. Pinggiranmu ngendi tho, mbak? Nak pas aku neng Jogja tak anter wis 😀

  4. Surat Untuk Pak Arief Yahya | andare! · · Balas

    […] Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota di Indonesia – Matius Teguh Nugroho […]

  5. […] Matius Nugroho – Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia […]

  6. […] Matius Nugroho – Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia […]

  7. […] Negeri Indri Juwono – Peduli Budaya Lokal untuk Pariwisata Indonesia Matius Nugie – Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah pada […]

  8. […] Indonesia Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah pada Malaysia Matius Teguh Nugroho – Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia Bobby Ertanto – Dear Menteri Pariwisata […]

  9. “Jika memang layak menang sesuai dengan kriteria lomba, ya menangkanlah ia. Tanpa melihat siapa dia, berapa followers twitter-nya, atau statistik blog-nya.”
    makjleebb banget…
    hehehe
    kalo pemenangnya udah ditentuin bahkan sebelum lombanya diadakan?
    #eehh….

    1. Waduh, kalo kayak gitu terus buat apa dong ngadain lomba? Mending langsung bikin program paid traveling buat orang ybs. Kan kita jadi di-PHP’in hahaha.

    2. Yofangga malah curcol! Hahaha..

      1. Curhat colongan ya. Aku tahu, kok. Tahu :p

  10. […] Wisata Negeri Indri Juwono – Peduli Budaya Lokal untuk Pariwisata Indonesia Matius Nugie – Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah pada Malaysia Bobby Ertanto – Dear Menteri Pariwisata […]

  11. ih kakak ini hobinya membandingkan dengan negara lain nanti dituduh tak nasionalis lho (langsung dicoret dari duta wisata indonesia

    1. Bahahaha. Bukan membandingkan, kak. Tapi negara lain dijadikan contoh. Apple to apple 🙂

      1. Iya sih yg maenannya apple aku skrg kates kak

  12. […] Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia – Nugie […]

  13. […] Wisata Negeri Indri Juwono – Peduli Budaya Lokal untuk Pariwisata Indonesia Matius Nugie – Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah pada Malaysia Bobby Ertanto – Dear Menteri Pariwisata […]

  14. Rifqy Faiza Rahman · · Balas

    Saatnya fokus, Mas! 🙂

    1. Fokus ke mana nih maksudnya? #gagalpaham

      1. Rifqy Faiza Rahman · ·

        Ya bareng2 fokus membenahi pariwisata Indonesia mas :3

  15. Aku aja suka bingung kalo ada yg nanya, ke Jkt enaknya wisata kemana ya? Mall paling.. hahaha..

    1. Bahahaha. E tapi mall hopping di Jakarta emang seru kok. Secara dia gudangnya mall -______-

  16. […] Matius Teguh Nugroho – Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia […]

  17. […] Matius Nugie – Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia […]

  18. Itu ada gambar ibu-ibu… namanya Ratna yang itu ya?

    1. Iya, mas. Itu yg namanya Bu Ratna. Belum pernah ketemu?

      1. penting ya ketemu dia? hahaha… ternyata udah tua ya, pantesan… *ngikik*

      2. Bahahaha. Nggak juga sih. Tapi dia sering nongol di acara2 traveling
        -,,-

  19. betewe Yangoon, Vientiane, Pnom Penh gak begitu banyak tempat wisata kok, bahkan vientiane setengah hari pake sepede onthel juga selesai.

    Jakarta banyak deh kayaknya obyeknya, entah aku ke Jakarta cuma ke Monas dan Ancol doang 😀

    1. Jakarta banyak, maaasss.

      Iya kota2 itu nggak terlalu banyak objek wisatanya. Tapi kunjungan ke sana barang sehari 2 hari biasanya disempetin kan ya?

  20. jakarta menjadi kota paling banyak mall di dunia, ini juga termasuk daya jual lho hehehe

    1. Iya ya. Coba dipromosiin 😀

  21. Tulisan ini bikin aku ingat trip kemarin yang mengharuskan transit di Jakarta. Setuju sama komentar kakak-kakak di atas, Jakarta harus dibenahi dulu dari segi transportasinya. Masa mau ke satu tempat aja butuh berjam-jam? Habis waktu di jalan wak! 😀

    1. Bener, mas. Transportasinya harus dibenahi banget. Sejauh ini, alternatif biar nggak tua di jalan adalah…

      naik Commuter Line! 😀

  22. […] Untuk Pariwisata Indonesia Lenny Lim – Surat Untuk Menteri Pariwisata Matius Teguh Nugroho – Merenda Asa Untuk Pariwisata Kota Indonesia Olive Bendon – Indonesia, Belajarlah pada Malaysia Parahita Satiti – Surat Untuk Pak Arief […]

  23. […] Nugie: Merenda Asa untuk Pariwisata Kota Indonesia […]

  24. sebulan lalu pernah menjejakkan kaki mengelilingi jogja… sejarah termasuk candi..sedikit miris saat liat tamansari yang merupakan cagar budaya bercampur dengan masyarakt setempat bahkan bekas-bekas taman itu sudah menjadi kampung padat penduduk,,

    1. Iya, Tamansari memang berada di tengah pemukiman, kak. Aku udah lama nggak ke sana sih. Besok kalo ke Jogja aku cek deh. Karena seingatku, nggak ada masalah yg terlalu berat untuk Tamansari 🙂

  25. Saya masih percaya kalau pariwisata kota Indonesia masih bisa dibenahi ke arah yang lebih baik. Yah, mungkin saja Kemenpar masih mengurus begitu banyak masalah yang terjadi di kementeriannya (semua kementerian punya BUANYAK masalah) sampai-sampai urusan proaktif seperti ini jadi, sorry to say, terpinggirkan.
    Tapi memang, sedikit prihatin rasanya melihat pendapat Direktur Pencitraan Indonesia (yang notabene eselon II) itu. CMIIW, tapi menurut saya mind set-nya masih komersialisasi yang menjurus kepada eksploitasi berlebihan. Mungkin masih banyak pejabat di sana yang terlena dengan “Bali Booming” dekade 1970-an?
    Tulisan yang bagus 🙂

    1. Amin. Semoga ke depannya kota2 di Indonesia bisa jadi destinasi wisata ya. Nggak cuma Bali sama Jogja.

      Terima kasih untuk apresiasinya 🙂

  26. Hi Nugie, sebelumnya aku mau ketawa-ketiwi dulu.. Kamu jagoan banget sih, ngomongnya gue gue.. hahahahaha..
    Ehya, aku sebenernya rada ga sabar sama TransJogja. Luamaaa banget kadang (apa aku pas sial aja yah jadi kebagian nunggunya lama).Trus bis lama-nya.. mmm jangan tanya, lebih lama lagi nunggunya..
    Setuju dengan banyak tempat yang perlu dibersihkan dan dirawat! Semoga pariwisata Indonesia bisa lebih baik kedepannya. Amin amin!

    1. Hahaha. Jarang ya travel blogger yg pake bahasa gue-gue. Atau kaget aku ngomong dengan gaya kayak gitu? 😀

      Iya, kak. TransJogja emang suka lama. Sama juga kayak TransJakarta. Armadanya perlu ditambah.
      Amin amin. Biar Indonesia semakin cetarrr!!!

  27. sawahlunto aja bisa dari bukan apa2 menjadi kota yang penuh apa2 😀

    1. Betul, itu contohnya.

      Duh makasih nih mas udah mau ubek2 blog aku 🙂

      1. wkwkwkw….tadi aku baca di blog mas halim kalo mas teguh pernah ke salatiga hehehe… makanya pengen tau pendapat para traveler tentang kota aku…

      2. Jadi kota asalnya Salatiga? Aku suka Salatiga, maaasss :))

      3. salatiga asal istri, rumah (kontrakan) kami sekarang di jambi (mostly), selebihnya kalo mudik ke ambarawa (mertua) sama boyolali (rumah ortu)… aku belum ada rumah sendiri mas hehehe

      4. Gpp lah, mas. Pelan pelan ada waktunya 🙂

      5. yups…nomaden hehehe…btw panggilannya teguh?

      6. Bisa Teguh bisa Nugi. Bebas mau yg mana 🙂

  28. […] yang sudah pernah kusampaikan dalam Surat Terbuka Untuk Pariwisata Indonesia, aku berharap agar kota-kota wisata di Indonesia memiliki infrastruktur yang lebih baik, khususnya […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu